Selamat Datang di IJO KUMBANG Blog's

Selasa, 19 Juni 2012

Tugas PMB ( Entrepreneur )

  1. Apakah, Perbedaan dan Ciri” dan karakteristik Entrepreneur ?
a) Apakah yang dimaksud dengan entrepreneurship ?
Jawab : Entrepreneurship adalah proses menciptakan sesuatu nilai yang berbeda dengan mencurahkan waktu dan upaya yang diperlukan, memikul risiko-risiko finansial, psikis dan sosial yang menyertai, serta menerima penghargaan /imbalan moneter dan kepuasan pribadi. Konsep entrepreneurship (kewirausahaan) memiliki arti yang luas. Salah satunya, entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kecakapan tinggi dalam melakukan perubahan, memiliki karakteristik yang hanya ditemukan sangat sedikit dalam sebuah populasi. Definisi lainnya adalah seseorang yang ingin bekerja untuk dirinya. entrepreneur bukan berarti pedagang. Namun, mereka yang punya semangat untuk kreatif, inovatif, berani mengambil risiko, serta mampu mengubah ”sampah” menjadi ”emas”. Adam Smith, yang kita kenal sebagai bapak ekonomi. Dalam pandangannya wirausaha berarti orang yang mampu bereaksi terhadap perubahan ekonomi, lalu menjadi agen ekonomi yang mengubah permintaan menjadi produksi.

Ciri-ciri Enterpreneur :
·         Internal locus of control (memiliki sikap/ketetapan hati)
·         High energy level (bersemangat tinggi)
·         High need for achievemant (motivasi berprestasi tinggi)
·         Tolerance for ambiguity (dapat memahami perbedaan pendapat)
·         Self confidence (percaya diri)
·         Action oriented (berorientasi tindakan)
b)    Apa perbedaan entrepreneur dengan Businessman ?
·         Enterpreneur  adalah seorang individu giat yang membangun modal melalui risiko dan / atau inisiatif. dalam bahasa Inggris adalah istilah yang diterapkan pada orang yang bersedia untuk membantu memulai usaha baru atau perusahaan dan bertanggung jawab penuh atas hasilnya.orang yang mampu mencari dan memanfaatkan peluang usaha serta mendapat sumber dana dan sumber daya yang diperlukan untuk kegiatan usaha, dan berani menanggung resiko yang akan terjadi dalam kegiatan usahanya. Contoh: Manajer Perusahaan Sepatu.

·         Bisnisman adalah Pengusaha adalah orang yang menjalankan kegiatan usaha baik usaha jual-beli, maupun usaha produksi yang tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan dan menanggung resiko yang akan terjadi dalam kegiatan usahanya. Contohnya seperti Pengusaha Komputer, Makanan dan Pakaian
c)    Ciri atau atribut karakteristik yang melekat pada entrepreneur ?
a)    Berintegritas.
b)    berjiwa pemimpin.
c)    bersikap tidak sabaran dengan kecenderungan menuju tindakan (dengan analisis).
d)    memiliki kecepatan kerja yang tinggi.
e)    Mau menjadi berbeda tetapi juga tahu apa itu perbedaan.
f)     bersikap pragmatis, mau berkompromi agar maju terus.
g)    tergerak untuk memecahkan masalah bagi pelanggan yang dianggap memiliki makna (bukan didorong oleh uang atau teknologi).
h)   Mampu menarik orang berbakat prima.
i)     membangun tim berkualitas.
j)      mengembangkan teknologi serius dengan kekuatan yang berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Foto saya
Selamat datang di Blog Ijo Kumbang. Saya Gerry Rizki Aprilian adalah penulis pada Blog Ijo Kumbang ini. Mungkin asal mula dari nama blog saya yang aneh ini "Ijo Kumbang" Terinspirasi ketika hendak membuat blog, saya melihat dari kosan saya yang ber-catkan hijau serta ada kumbang yang menempel di langit-langit dinding kos kamar saya dan aneh juga kenapa saya memberi nama blog ini ?? hoho. About me, Saya adalah lulusan SMK Informatika kota Cirebon dan mengambil jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) pada tahun 2011. Saat ini saya melanjutkan kuliah di Binus University Jakarta. Saya mengambil Jurusan TI (Teknik Informatika) karena saya penasaran dengan jurusan tersebut :). saya mulai bergelut didunia blog sejak tahun 2011 lalu walau jarang update juga siiiy. Harapannya apa yang saya tulis pada blog ini dapat bermanfaat bagi anda dan pembacanya. saya pun menerima saran dan kritik menyangkut blog ini karena saya mash dalam tahap belajar. Bila anda ingin berkomunikasi, bisa menghubungi Gerry Rizki Aprilan via email vangerry@yahoo.com ~Thanks~