Selamat Datang di IJO KUMBANG Blog's

Rabu, 11 April 2012

Cara Mengatasi Virus Komputer


Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak Antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data / database/ Signature-based detection, heurestik, atau peringkat dari program itu sendiri / Quantum. Digunakan oleh Norton.
Contoh antivirus yang bisa diandalkan dan menangkal virus adalah Kaspersky, Panda, Symantec, BitDefender, avast!, AVG, Avira AntiVir, Norton, Norman, McAfee, dan lain sebagainya.
Selain itu, terdapat pula cara pencegahan infeksi virus, worm, dan Trojan horse yang lain, yaitu :


  • Jangan pernah menyalahkan komputer apabila terdapat media removable pada drive atau terhubung ke port, kecuali media tersebut tidak terinfeksi.
  • Jangan pernah membuka lampiran e-mail kecuali Anda mengharapkan dan berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Matikan fungsi message preview.
  • Pilih keamanan macro dalam program sehingga anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan macro. Aktifkan macro hanya apabila dokumen berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan anda memang mengharapkannya.
  • Pasang program antivirus pada seluruh komputer anda. Dapatkan pembaruan (update) terhadap file signature virus pada suatu basis yang umum.
  • Cek semua program yang Anda unduh, apakah mengandung virus, worm, atau Trojan horse.
  • Apabila program antivirus anda menandakan bahwa lampiran e-mail mengandung infeksi, segera hapus lampiran tersebut.
  • Pasanglah program personal firewall. Firewall merupakan peranti keras dan/atau peranti lunak yang melindungi sumber-sumber jaringan dari penyusupan oleh para pengguna jaringan lain seperti Internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Foto saya
Selamat datang di Blog Ijo Kumbang. Saya Gerry Rizki Aprilian adalah penulis pada Blog Ijo Kumbang ini. Mungkin asal mula dari nama blog saya yang aneh ini "Ijo Kumbang" Terinspirasi ketika hendak membuat blog, saya melihat dari kosan saya yang ber-catkan hijau serta ada kumbang yang menempel di langit-langit dinding kos kamar saya dan aneh juga kenapa saya memberi nama blog ini ?? hoho. About me, Saya adalah lulusan SMK Informatika kota Cirebon dan mengambil jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) pada tahun 2011. Saat ini saya melanjutkan kuliah di Binus University Jakarta. Saya mengambil Jurusan TI (Teknik Informatika) karena saya penasaran dengan jurusan tersebut :). saya mulai bergelut didunia blog sejak tahun 2011 lalu walau jarang update juga siiiy. Harapannya apa yang saya tulis pada blog ini dapat bermanfaat bagi anda dan pembacanya. saya pun menerima saran dan kritik menyangkut blog ini karena saya mash dalam tahap belajar. Bila anda ingin berkomunikasi, bisa menghubungi Gerry Rizki Aprilan via email vangerry@yahoo.com ~Thanks~