Selamat Datang di IJO KUMBANG Blog's

Jumat, 06 April 2012

Macam Macam Bahasa Pemrogaman

I.                    JAVA

a.      DEFINISI
Java Image
Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Java mulai dirilis pada tahun 1990 sebagai bahasa program yang disebut Oak, kemudian Sun MycroSystem mendirikan kelompok kerja yang terdiri atas para programmer handal untuk membuat produk dan memperluas pasar Sun.

Oak (JAVA) didesain pertama kali untuk personal digital assistance yang disebut *7 yang akan dipasarkan Sun dengan fasilitas Graphical User Interface. Bahasa pemrogaman Java dirilis
secara gratis di Internet dan Sun memberikan lisensi penuh terhadap implementasi Java dan segala komponennya untuk digunakan di berbagai vendor software Internet dengan harapan supaya dapat menciptakan standard pemrogaman web.

b.      FUNGSI
  • Pemrograman jaringan.
  • Pembuatan aplikasi berbasis windows.
  • Program untuk membuat web.



c.       KELEBIHAN
  • Mudah dipelajari karena bersifat sederhana.
  • Mendukung koneksi ke database.
  • Netral terhadap berbagai arsitektur, java mampu berjalan dalam platform apapun seperti PC, UNIX, Macintosh, dll.
  • Terinterpretasi dan berkinerja tinggi, java melengkapi keajaiban lintas platform yang luar biasa dengan kompilasi ke dalam representasi langsung yang disebut java code byte yang dapat diterjemahkan oleh system apapun yang memiliki java interpreter dan java virtual machine.
  • Sederhana dan ampuh, java menyediakan sarana untuk membuat program (applet) yang berjalan pada web browser. Programmer dapat menggunakan applet kecil yang aman, dinamik, lintas platform, aktif dan siap dijalankan di jaringan.
  • Aman, java dirancang dengan konsep keamanan internet.
  • Berorientasi objek, java tidak diturunkan bahasa pemrogaman manapun. Java memiliki keseimbangan yang menyediakan mekanisme peng-class-an sederhana dengan model antarmuka dinamik yang intuitif hanya jika diperlukan.
  • Kokoh, java membatasi programmer dengan memberi kunci supaya progamer dapat menemukan kesalahan lebih cepat saat mengembangkan program.
  • Interaktif, java dirancang untuk menciptakan program jaringan yang interaktif.

d.      KEKURANGAN
  • Java memakan banyak memori computer.
  • Java merupakan bahasa yang kompleks dan susah dipelajari.
  • Program yang dibuat oleh bahasa ini lebih lambat disbanding program yang dibuat dengan bahasa lain seperti C atau C++.
  • Java memiliki kecepatan yang kurang dari bahasa C ++.
  • Implementasi J2ME tidak global. Misalnya, J2ME untuk Motorola dengan J2ME untuk Sony Ericson tidak sama. Berbeda lagi J2ME untuk Nokia. Setiap produk selalu mempunyai modul tersendiri yang dinilai aneh penerapannya dan harus di-compile dengan modul yang berbeda-beda.


II.                 COBOL

a.      DEFINISI
COBOL ( Common Buisness Oriented Language ) adalah suatu bahasa komputer tingkat tinggi yang berorientasi langsung pada permasalahan bisnis. COBOL diciptakan pada tahun 1959. Bahasa COBOL pertama kali diperkenalkan secara resmi atau formal pada bulan Januari 1960. Versi dari bahasa COBOL ini disebut dengan COBOL-60. Dan diperbaharui pada tahun 1965. Pengembangan bahasa COBOL selanjutnya dilakukan oleh suatu grup yang disebut CODASYL, singkatan dari Conference on Data System Language.

b.      FUNGSI
  • Untuk membuat aplikasi bisnis.
  • Untuk pengolahan data dan database.
·         menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.
·         COBOL dibuat untuk operasi yang mencakup langkah dasar pengolahan data, yaitu membaca data, memproses data, dan kemudian menghasilkan output berupa informasi.

c.       KELEBIHAN
  • Mudah didokumentasikan dan dikembangkan bilamana perlu.
  • Problem Orientad Language.
  • Struktur program COBOL jelas, sehingga dapat dimengerti oleh orang seperti akuntan, auditor, atau manajer-manajer yang hanya mempunayai pengetahuan pengolahan data yang sedikit.
  • COBOL menyediakan fasilitas Listing Program, bilamana perlu dapat diperiksa oleh orang lain selain programer.
  • Program COBOL dibuat dalam instruksi bahasa inggris, sehingga lebih mudah dipelajari dan dibuat.
  • Program COBOL sesuai untuk pengolahan data yang banyak diterapkan pada permaslahan .
  • Program COBOL sifatnya standard, sehingga dapat dipergunakan pada komputer-komputer yang berbeda, tanpa banyak perbedaan.

d.      KEKURANGAN
  • Operasi masukan dan keluaran yang masih kaku.
  • Struktur penulisan program yang sangat kaku dan bertele-tele.

III.               FORTRAN

a.      DEFINISI
FORTRAN adalah sebuah bahasa pemrograman. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1950 dan digunakan dalam bidang sains selama 50 tahun kemudian. FORTRAN yang pertama kali merupakan singkatan dari Formula Translator/Translation, tetapi penggunaan huruf besar kemudian ditiadakan sejak versi Fortran 90. Pertama kali dikembangkan merupakan bahasa pemrograman prosedural, akan tetapi versi-versi terbaru dari Fortran kemudian dikembangkan dengan memasukkan kemampuan object-oriented programming.

b.      FUNGSI
Fungsinya adalah mengutamakan penulisan program yang tepat, efisien, dan dapat berulang dalam suatu sub-program tertentu ( structured-oriented language). Bahasa ini juga berguna untuk aplikasi bisnis yang kompleks, seperti perkiraan (forecasting) dan pemodelan. Namur karena tidak mampu manangani operasi input/output atau pemrosesan file dalam volume besar, maka bahasa FORTRAN tidak digunakan untuk masalah bisnis yang biasa.

c.       KELEBIHAN
·         Fortran terletak pada dukungan untuk menangani perhitugan, termasuk bilangan kompleks.
·         Bisa menangani ekspresi matematika dan logika yang kompleks.
·         Pernyataan cukup pendek dan sederhana.
·         Mudah dimodifikasi sehingga bisa bekerja pada tipe yang lain.

d.      KEKURANGAN
·         Kekurangan FORTRAN kode sumbernya lebih sulit dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain.
·         FORTRAN tidak menangani operasi input dan output pada peralatan penyimpanan seefisien bahasa lain yang levelnya lebih tinggi.
·         Memiliki keterbatasan untuk mengekspresikan dan memproses data nonnumeric.
·         Tidak bisa dibaca atau dipahami semudah bahasa level yang tinggi .

IV.              PASCAL

a.      DEFINISI
Pascal dibuat pertama kali oleh Prof. Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. pascal berasal dari nama matematikawan yaitu Blaise Pascal. Pascal digunakan untuk mengenalkan pemrograman terstruktur. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis. Blaise Pascal ini yang pertama kali menciptakan mesin penghitung lalu Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.
b.      FUNGSI
·         Pascal digunakan untuk mengenalkan pemrograman terstruktur.
·         Pascal dipakai sebagai landasan pembuatan kode perangkat lunak Delphi (berbasis windows).
·         Pascal dipakai sebagai landasan pembuatan kode perangkat lunak Kylix (berbasis Linux).



c.       KELEBIHAN
·         Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
·         Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
·         Tipe data standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia bahasa pemrogaman. Pascal memiliki tipe data standar Boolean, integer, char, real, string.
·         User defined data types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
·         Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variable dan variable tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain format yang ditentukan.

d.      KEKURANGAN
·         Sintaks Pascal terlalu bertele-tele.
·         Tidak mendukung pemrograman berorientasi objek
·         Pascal tidak fleksibel dan banyak kekurangan yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang besar.

V.                 PHP

a.      DEFINISI
PHP adalah bahasa pemrogaman web atau scripting language yang didesain untuk web. PHP dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdford untuk menghitung jumlah pengunjung pada homepagenya pada akhir tahun 1994. PHP terus berkembang dari PHP 1 yang ditulis ulang Rasmus dalam bahasa C pada tahun 1995 sampai PHP 4 yang diluncurkan tanggal 22 Mei 2000.

b.      FUNGSI
·         Sebagai landasan operasi pada pemrogaman jaringan berbasis web.
·         Untuk pemrogaman database.
·         Untuk membuat aplikasi web.

c.       KELEBIHAN
·         Sintaks mirip C dan mudah dipelajari.
·         Komunitas yang ramai dan saling membantu, seperti di diskusiweb.com, phpbuilder.com, phpindo.com, dll.
·         Berbagai script atau aplikasi yang gratis telah tersedia.
·         PHP menjadi popular karena kesederhanaannya dan kemampuannya dalam menghasilkan berbagai aplikasi web seperti counter, system artikel/ CMS, e-commerce, bulletin board, dll
·         PHP adalah salah satu bahasa server-side yang didesain khusus untuk aplikasi web.
·         PHP termasuk dalam Open Source Product dan telah mencapai versi 4.
·         Aplikasi PHP cukup cepat dibandingkan dengan aplikasi CGI dengan Perl atau Phyton bahkan lebih cepat disbanding dengan ASP maupun Java dalam berbagai aplikasi web.
·         Tersedia baik di Windows maupun Linux, walau saat ini paling efektif di web server Apache dan OS Linux.

d.      KEKURANGAN
·         PHP memiliki kelemahan security tertentu apabila programmer tidak jeli dalam melakukan pemrogaman dan kurang memperhatikan isu konfigurasi PHP.
·         Kode PHP dapat dibaca semua orang, dan kompilasi hanya dapat dilakukan dengan tool yang mahal dari Zend.
·         Tidak detail untuk pengembangan skala besar.
·         Tidak memiliki system pemrogaman berorientasi objek yang sesungguhnya.
·         Tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logic dengan baik.



VI.              PHYTON

a.      DEFINISI
Python merupakan bahasa pemrograman yang freeware atau perangkat bebas dalam arti sebenarnya, tidak ada batasan dalam penyalinannya atau mendistribusikannya. Lengkap dengan source codenya, debugger dan profiler, antarmuka yang terkandung di dalamnya untuk pelayanan antarmuka, fungsi sistem, GUI (antarmuka pengguna grafis), dan basis datanya. Python dapat digunakan dalam beberapa sistem operasi, seperti kebanyakan sistem UNIX, PCs (DOS, Windows, OS/2), Macintosh, dan lainnya. Pada kebanyakan sistem operasi linux, bahasa pemrograman ini menjadi standarisasi untuk disertakan dalam paket distribusinya.

b.      FUNGSI
·         Perangkat bantu shell. Tugas-tugas sistem administrator, program baris perintah.
·         Kerja bahasa ekstensi. Antarmuka untuk pustaka C/C++, kustomisasi.
·         Pembuatan prototipe secara cepat/pembuatan sistem aplikasi. Prototipe yang dapat dibuang atau sesuai dengan permintaan.
·         Modul berdasarkan bahasa pemrograman. Pengganti dari penulisan parser khusus.
·         Antarmuka pengguna grafis. Penggunaan GUI API sederhana dan canggih.
·         Pengaksesan basisdata. Penyimpanan objek tetap, antarmuka sistem SQL.
·         Pemrograman terdistribusi. Penggunaan API mekanisme client/server terintegrasi.
·         Skrip internet. Skrip CGI, antarmuka HTTP, Aplet WWW, dan lainnya.

c.       KELEBIHAN
·         Terdapat kelas, modul, eksepsi sehingga terdapat dukungan pemrograman skala besar secara modular.
·          Pemuatan dinamis modul C sehingga ekstensi menjadi sederhana dan berkas biner yang kecil.
·          Pemuatan kembali secara dinamis modul phyton seperti memodifikasi aplikasi tanpa menghentikannya.
·          Model objek universal kelas Satu.
·         Konstruksi pada saat aplikasi berjalan.
·         Interaktif, dinamis dan alamiah.
·         Akses hingga informasi interpreter.
·         Portabilitas secara luas seperti pemrograman antar platform tanpa ports.
·          Kompilasi untuk portable kode byte sehingga kecepatan eksekusi bertambah dan melindungi kode sumber.
·          Antarmuka terpasang untuk pelayanan keluar seperti perangkat Bantu system, GUI, persistence, database, dll.
·         Tidak ada tahapan kompilasi dan penyambungan (link) sehingga kecepatan perubahan pada masa pembuatan system aplikasi meningkat.
·         Tidak ada deklarasi tipe sehingga program menjadi lebih sederhana, singkat, dan fleksible.
·         Manajemen memori otomatis yaitu kumpulan sampah memori sehingga dapat menghindari pencatatan kode.
·         Tipe data dan operasi tingkat tinggi yaitu kecepatan pembuatan system aplikasi menggunakan tipe objek yang telah ada.
·          Pemrograman berorientasi objek.
·         Pelekatan dan perluasan dalam C.

d.      KEKURANGAN
·         Beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman kompilasi seperti bahasa C.
·         Disebabkan python merupakan interpreter, python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis.
·         Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan skrip antarmuka untuk mereka.
·         Python memberikan efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by dengan tidak memberikannya secara menyeluruh. Python menyediakan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan, bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya.

VII.            HTML

a.      DEFINISI
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language).
b.      FUNGSI
·         Mengintegerasikan gambar dengan tulisan.
·         Membuat Pranala.
·         Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
·         Membuat form interaktif.

c.       KELEBIHAN
·         Dapat ditulis dalam sintaks HTML (dengan tipe media teks/html) dan XML.
·         Integrasi yang lebih baik dengan aplikasi web dan pemrosesannya.
·         Integrasi (’inline’) MathML dan SVG dengan doctype yang lebih sederhana.
·         Penulisan kode yang lebih efisien.
·         Dapat dimengerti oleh peramban lawas (backwards compatible). Sehingga istilah ‘deprecated’ tidak akan diperlukan lagi.
·         Dapat menggunakan Cross platform, artinya file HTML dapat ditampilkan di beberapa Operating System (OS) yang berbeda dan memiliki tampilan yang sama walaupun saat pembuatannya menggunakan satu OS tertentu saja.

d.      KEKURANGAN
·         Kurang mendukung di semua bidang teknologi multimedia terbaru.
·         Tidak mudah dibaca oleh manusia dan juga terkadang tidak mudah di mengerti oleh mesin.
·         Memilika tag tag yang begitu banyak sehingga susah di pelajari untuk orang yang masih awam.
·         Tidak dapat menghasilkan halaman yang interaktif antara client dan server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Foto saya
Selamat datang di Blog Ijo Kumbang. Saya Gerry Rizki Aprilian adalah penulis pada Blog Ijo Kumbang ini. Mungkin asal mula dari nama blog saya yang aneh ini "Ijo Kumbang" Terinspirasi ketika hendak membuat blog, saya melihat dari kosan saya yang ber-catkan hijau serta ada kumbang yang menempel di langit-langit dinding kos kamar saya dan aneh juga kenapa saya memberi nama blog ini ?? hoho. About me, Saya adalah lulusan SMK Informatika kota Cirebon dan mengambil jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) pada tahun 2011. Saat ini saya melanjutkan kuliah di Binus University Jakarta. Saya mengambil Jurusan TI (Teknik Informatika) karena saya penasaran dengan jurusan tersebut :). saya mulai bergelut didunia blog sejak tahun 2011 lalu walau jarang update juga siiiy. Harapannya apa yang saya tulis pada blog ini dapat bermanfaat bagi anda dan pembacanya. saya pun menerima saran dan kritik menyangkut blog ini karena saya mash dalam tahap belajar. Bila anda ingin berkomunikasi, bisa menghubungi Gerry Rizki Aprilan via email vangerry@yahoo.com ~Thanks~