Selamat Datang di IJO KUMBANG Blog's

Selasa, 10 April 2012

Microsoft .NET


Microsoft .NET Framework atau disingkat .NET merupakan komponen yang dapat ditambahkan ke sistem operasi Microsoft Windows atau telah terintegrasi ke dalam Windows. Framwork ini menyediakan sejumlah besar solusi program untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan umum program baru dan mengatur eksekusi program-program yang ditulis secara khusus untuk framework ini. Framework .NET adalah kunci penawaran utama dari Microsoft dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar aplikasi-aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows.
FUNGSI :
Microsoft .NET adalah software yang menghubungkan informasi, orang, system dan device ! Perangkat yang menjangkau client, server dan tool pengembang.
Fungsi Microsoft .NET adalah :
  1. .NET atau Dot NET Framework, digunakan untuk membangun dan menjalankan semua macam softwere termasuk aplikasi berbasis Web, aplikasi smart client, dan layanan web XML (Extensible Markup Language). Menyediakan  komponen untuk berbagai data melalui Network menggunakan komponen platform protocol independent seperti XML, SOAP, dan HTTP.
  2. Tool – tool pengembang  seperti Microsoft VisualStudio .NET yang penyediaan IDE (Integrated Development Enveronment! lingkungan pengembangan terintegrasi) untuk memaksimalkan produktivitas pengembangan menggunakan .NET Framework.
  3. Serangkaian server termasuk Microsoft Windows Servwr 2003, Microsoft SQL Server dan Micosoft BizTalk Server yang terintegrasi, untuk menjalankan, mengoprasikan dan mengelola services Web dan aplikasi berbasis Web.
  4. Softwere client seperti Windows XP, windows CE dan Windows Office XP yang membantu pengembangan untuk menyebarkan dan mengelola aplikasinya.
Ms. NET framework juga mempunyai fungsi utama yaitu untuk mempermudah pengcodingan dan eksekusi perintah. Maksudnya adalah .NET memiliki ratusan kode perintah “standar” yang sering digunakan programmer dalam membuat program untuk envrontment windows. Saking seringnya, ga asyik banget kalau setiap program yang kamu pakai, harus ada banyak “kode” yang sama. Misalnya seperti “SAVE AS”. Mungkin hampir di setiap program yang memungkinkan sebuah SAVE AS. Dan ga asyik banget, kalau untuk menambahkan sebuah SAVE AS saja, membutuhkan ratusan LINE.
Line – line tersebut misalnya akan memakan file 100kb, sedangkan program yang menggunakan perintah SAVE AS ada minimal 10 buah yang ada di komputer. Berarti kode SAVE AS yang sama di tulis 10 kali, dengan kapasitas 10 kali alas +-1MB. Nah berapa kode lain yang sama ? seperti copy, paste dll. Untuk “merampingkan” kode tersebut. Microsoft, membuat .net framework. Jadi untuk para coder cukup menuliskan hal hal seperti “jalankan perintah save as di .net framework”. Tidak perlu membuat baris kode lagi.

KELEBIHAN :
Kemudahan untuk menggabung beberapa program yang dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman berteknologi .Net ini.
  • Kemudahan untuk berpindah antarbahasa pemrograman.
  • Meningkatkan keandalan program dalam menangani error.
  • Penanganan masalah memori secara otomatis dan sebagainya.
  • Perangkat lunak pembuat program berbasis .Net mempunyai lebih banyak fasilitas dan perintah-perintah yang akan mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan program aplikasi.
  • Perangkat lunak pembuat program berbasis .Net diciptakan dengan dasar pemrograman berorientasi objek sehingga program aplikasi akan menjadi lebih mudah dimuat, dipelihara, dan dikembangkan. Beberapa kelebihan lain yang dapat Anda peroleh melalui teknologi.

KEKURANGAN :
  • Penggunaan Memory pada beberapa class pada .NET Framework belum optimal, sehingga menyebabkan applikasi yang dibangun dengan menggunakan .NET Framework membutuhkan memory yang cukup besar.
  • Aplikasi Lambat
  • ,  Karena Aplikasi yang dibangun menggunakan .NET Framework lebih lambat jika dibandingkan dengan pemrogramman native



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Foto saya
Selamat datang di Blog Ijo Kumbang. Saya Gerry Rizki Aprilian adalah penulis pada Blog Ijo Kumbang ini. Mungkin asal mula dari nama blog saya yang aneh ini "Ijo Kumbang" Terinspirasi ketika hendak membuat blog, saya melihat dari kosan saya yang ber-catkan hijau serta ada kumbang yang menempel di langit-langit dinding kos kamar saya dan aneh juga kenapa saya memberi nama blog ini ?? hoho. About me, Saya adalah lulusan SMK Informatika kota Cirebon dan mengambil jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) pada tahun 2011. Saat ini saya melanjutkan kuliah di Binus University Jakarta. Saya mengambil Jurusan TI (Teknik Informatika) karena saya penasaran dengan jurusan tersebut :). saya mulai bergelut didunia blog sejak tahun 2011 lalu walau jarang update juga siiiy. Harapannya apa yang saya tulis pada blog ini dapat bermanfaat bagi anda dan pembacanya. saya pun menerima saran dan kritik menyangkut blog ini karena saya mash dalam tahap belajar. Bila anda ingin berkomunikasi, bisa menghubungi Gerry Rizki Aprilan via email vangerry@yahoo.com ~Thanks~