Selamat Datang di IJO KUMBANG Blog's

Sabtu, 07 April 2012

Contoh Single Linklist



Hallo Sobat Jombang. Kali ini saya mau posting di bawah ini sedikit contoh latihan struktur data ketika saya sedang praktek niih di pertemuan ke 4 saya. Yaah kurang lebihnya saya membuatnya seperti di bawah ini (Maklum masih dalam tahap Pembelajaran, hehe).

Pertama - tama mari kita buka dulu nih program softwarenya (kalau pas aku praktek sih pake software Ms. Visual C++). Naah pas kalian sudah buka softwarenya pilih File - New - Project lalu pilihan tuh dan pilih Visual C++ lalu klik yang Empty Project sobat dan jangan lupa masukin deh Nama filenya :). Setelah itu klik nama filenya lalu pilih source (klik kanan) pilih Add => New Item. setelah tu selesai deh tinggal kalian buat codingannya kaya gimana, beres kan. Di bawah ini adalah contoh codingan latihan saya pada pertemuan 4 :

#include <stdio.h>
#include <string.h>
#include <stdlib.h>


struct Mahasiswa
{
char nama[50];


int umur;
struct Mahasiswa *next;
}*head,*tail,*curr;


void pushBelakang(char nama[],int umur)
{
curr = (struct Mahasiswa*)malloc(sizeof(struct Mahasiswa));
strcpy(curr->nama,nama);
curr->umur = umur;
curr->next = NULL;


if(head==NULL)
{
head = tail = curr;
//head = curr
//tail = curr
}
else
{
tail->next = curr;
tail = curr;
}
}


void popDepan()
{
if(head!=NULL)
{
curr = head;
head = head->next;
free(curr);
}
}


void popBelakang()
{
if(tail!=NULL)
{
if(head==tail)
{
tail = tail->next;
free(curr);
head = tail;
}
else
{
curr = head;
while(curr->next!=tail)
{
curr = curr->next;
}
curr->next = tail->next;
//curr->next = NULL
free(tail);
tail = curr;
}
}
}


void popTengah(int umur)
{
if(head->umur==umur)
{
popDepan();
}
else if(tail->umur==umur)
{
popBelakang();
}
else
{
curr = head;
while(curr->next!=NULL && curr->next->umur!=umur)
{
curr = curr->next;
}


if (curr->next==NULL)
{
printf ("no data");
}
else
{
struct Mahasiswa *temp = curr->next;
curr->next = temp->next;
free(temp);
}


}
}


void cetak()
{
curr = head;
while(curr!=NULL)
{
printf("%s %d\n",curr->nama,curr->umur);
curr = curr->next;


/*
       curr->next = curr;
     curr = curr->next;    =====> Sama Saja
     curr->next = curr;
*/


}
}


void main()
{
pushBelakang("Van",18);
pushBelakang("Gerry",21);
pushBelakang("Rizki",27);
pushBelakang("Aprilian",19);
cetak();
getchar();


popDepan();
cetak();
getchar();
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Foto saya
Selamat datang di Blog Ijo Kumbang. Saya Gerry Rizki Aprilian adalah penulis pada Blog Ijo Kumbang ini. Mungkin asal mula dari nama blog saya yang aneh ini "Ijo Kumbang" Terinspirasi ketika hendak membuat blog, saya melihat dari kosan saya yang ber-catkan hijau serta ada kumbang yang menempel di langit-langit dinding kos kamar saya dan aneh juga kenapa saya memberi nama blog ini ?? hoho. About me, Saya adalah lulusan SMK Informatika kota Cirebon dan mengambil jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) pada tahun 2011. Saat ini saya melanjutkan kuliah di Binus University Jakarta. Saya mengambil Jurusan TI (Teknik Informatika) karena saya penasaran dengan jurusan tersebut :). saya mulai bergelut didunia blog sejak tahun 2011 lalu walau jarang update juga siiiy. Harapannya apa yang saya tulis pada blog ini dapat bermanfaat bagi anda dan pembacanya. saya pun menerima saran dan kritik menyangkut blog ini karena saya mash dalam tahap belajar. Bila anda ingin berkomunikasi, bisa menghubungi Gerry Rizki Aprilan via email vangerry@yahoo.com ~Thanks~